Formulir Penerimaan Peserta Didik Baru
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
A.
DefinisiManajemenPesertaDidik
Manajemen peserta didik adalah layanan yang
memusatkan perhatiaan pada pengaturan, pengawasan, dan layanan siswa di kelasdan di
luarkelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individual seperti pengembangan keseluruhan kemampuan,
minat, kebutuhan sampai matang disekolah(Knezevich,).
Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus. Dengan adanya manajemen peserta didik dapat memberikan upaya untuk layanan yang sebaik mungkin kepada peserta didik semenjak dari proses penerimaan sampai saaat peserta didik meninggalkan lembaga pendidikan ( sekolah ) karena sudah tamat atau lulus mengikuti pendidikan peda lembaga pendidikan ( sekolah ) itu.
Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus. Dengan adanya manajemen peserta didik dapat memberikan upaya untuk layanan yang sebaik mungkin kepada peserta didik semenjak dari proses penerimaan sampai saaat peserta didik meninggalkan lembaga pendidikan ( sekolah ) karena sudah tamat atau lulus mengikuti pendidikan peda lembaga pendidikan ( sekolah ) itu.
Jadi dapat disimpulkan penerimaan peserta didik baru adalah proses manajemen
yang bekerja dibidang penerimaan peserta didik mulai dari pembentukan panitia,
rapat penerimaan, pembuatan dan pemasangan pengumuman, pendaftaran,seleksi,
penentuan pesertadidik yang diterima,serta pendaftaranulang.
B.
ProsedurPenerimaanPesertaDidikBaru
Penerimaan peserta didik termasuk salah satu aktivitas penting dalam manajemen peserta didik. Sebab aktivitas penerimaan ini menentukan seberapa kualitas input yang dapat diterima oleh sekolah tersebut. Adapun prosedur penerimaan peserta didik baru adalah :
a. pembentukan panitia peserta didik baru,
b. rapat penentuan pesertadidikbaru, pembuatan, pemasangan, atau pengiriman pengumuman, pendaftaran peserta didik baru, selesksi, penentuan pesertadidik yang diterima, pengumuman pesertadidik yang diterima dan registrasi pesertadidik yang diterima. Secara lebihjelas, langkah-langkah rekruitmen peserta didik baru bisa dijelaskans ebagaiberikut:
Pembentukan Panitia Peserta Didik
Kegiatan pertama yang harus dilakkan oleh kepala sekolah dalam penerimaan peserta didik baru adalah pembentukan panitia. Panitia ini dibentuk dengan maksud agar secepat mungkin melaksanakan pekerjaannya. Panitia yang sudah dibentuk, umumnya diformalkan dengan menggunakan surat keputusan (SK) Kepala Sekolah.. Susunan panitia penerimaan peserta didik baru dapat mengambil alternatif sebagai berikut:
a.
Ketuaumum : KepalaSekolah
b.
KetuaPelaksana : Wakil KepalaSekolahUrusanKesiswaan
c.
Sekretaris : Kepala Tata Usaha atau Guru
d.
Bendahara : BendaharaSekolah
e.
PembantuUmum : Guru
f.
Seksi-seksi :
SeksiKesekretariatan : Pegawai Tata Usaha
SeksiPengumuman/Publikasi : Guru
SeksiPendaftaran : Guru
SeksiSeleksi : Guru
SeksiKepengawasan : Guru
Adapun deskripsi tugas masing-masing anitia adalah sebagaiberikut.
§ Ketuaumum
Bertanggung jawab secara umum atas pelaksanan pesertadidik baru,
baik yang sifatnya kedalam, maupun keluar.
§ KetuaPelaksana
Bertanggung jawab atas terselanggaranya penerimaan peserta didik baru sejak awal perencanaan sampai dengan yang diinginkan.
Bertanggung jawab atas terselanggaranya penerimaan peserta didik baru sejak awal perencanaan sampai dengan yang diinginkan.
§ Sekretasis
Bertanggung jawabatas tersusunya konsep menyeluruh mengenai penerimaanpesertadidikbaru.
.
§ Bendahara
Bertanggung jawab atas pemasukan dan pengeluaran anggaran penerimaan peserta didik baru dengan pengetahuan ketua pelaksana.
Bertanggung jawab atas pemasukan dan pengeluaran anggaran penerimaan peserta didik baru dengan pengetahuan ketua pelaksana.
§ PembantuUmum
Membantu ketua umum,
ketua pelaksana, sekretasis dan bendahara jika sedang dibutuhkan
§ SeksiKesekretariatan
Membantu sekertaris dalam hal pencatatan, penyimpanan, pengadahan, pencarian kembali dan mengirim konsep-konsep, keterangan-keterangan dan data-data yang diperlukan dalam penerimaan peserta didik baru
Membantu sekertaris dalam hal pencatatan, penyimpanan, pengadahan, pencarian kembali dan mengirim konsep-konsep, keterangan-keterangan dan data-data yang diperlukan dalam penerimaan peserta didik baru
§ SeksiPengumuman/Publikasi
Mengumumkan peserta didik baru sehingga dapat diketahui oleh sebanyak mungkin calon peserta didik yang dapat memasuki sekolah.
Mengumumkan peserta didik baru sehingga dapat diketahui oleh sebanyak mungkin calon peserta didik yang dapat memasuki sekolah.
§ SeksiPendaftaran
a.
Melakukan pendaftaran calon peserta didik baru berdasarkan ketentuan dan persyaratan
yang telah di tentukan.
b.
Melakukan pendaftaranu langata speserta didik yang telah dinyatakan diterima.
§ SeksiPengawasan
Mengatur padaa pengawas sehingga mereka melaksanakan tugas kepengawasan ujian secara tertib dan disiplin.
Mengatur padaa pengawas sehingga mereka melaksanakan tugas kepengawasan ujian secara tertib dan disiplin.
§ SeksiSeleksi
Mengadakan seleksi atas peserta didik berdasarkan ketentuan
yang telah dibuat bersama.
- 2.RapatPenerimaanPesertaDidik
- 3 Pembuatan,Pengiriman/PemasanganPengumuman
Setelah rapat mengenai penerimaan peserta didik baru berhasil mengambil keputusan-keputusan penting,
seksi pengumuman membuat pengumuman yang berisi hal-hal sebagaiberikut:
4. 4. Gambaran singkat mengenai sekolah
5. Persyaratan pendaftaran peserta didikbaru
6. Cara pendaftaran
7. Waktu dan tempat seleksi dilakukan (hari, tanggal, jam, dantempat).
8. Tempat pendaftaran
9. Berapa uang pendaftarannya
10. Kapan pengumuman hasil seleksi diumumkan
11. Waktu pendaftaran

DINAS PENDIDIKAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

5. Persyaratan pendaftaran peserta didikbaru
6. Cara pendaftaran
7. Waktu dan tempat seleksi dilakukan (hari, tanggal, jam, dantempat).
8. Tempat pendaftaran
9. Berapa uang pendaftarannya
10. Kapan pengumuman hasil seleksi diumumkan
11. Waktu pendaftaran
Contoh Formulir Pendaftaran


SEKOLAH DASAR NEGERI SIRNABAKTI 01
KECAMATAN PAMEUNGPEUK KAB.GARUT
Jln. Miramare Ds. Sirnabakti Kec. Pameungpeuk Kab.Garut
Prov. Jawa Barat 44175

FORMULIR PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SDN SIRNABAKTI 01 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A.
KETERANGAN CALON PESERTA DIDIK
1.
Nama Lengkap :
............................................................................................................................
2.
Nama Panggilan :
..................................................................
3.
Jenis Kelamin : ( Laki-laki / Perempuan )*.
4.
Tempat, Tgl.
Bln. Thn. Lahir :
............................................................................................................................
5.
Agama : ( Islam / Protestan / Katolik / Hindu / Budha
/ Kong Hu Cu )*.
6.
Anak ke : .......... (......................................).
7.
Status dalam
Keluarga : ( AnakKandung / AnakTiri / AnakAngkat)*.
8.
Jumlah Saudara
Kandung : ........ orang.
JumlahAdik= ........ orang,
JumlahKakak = ........ orang
9.
Jumlah Saudara
Tiri : ........ orang.JumlahAdik=
........ orang,
JumlahKakak = ........ orang
10. Jumlah Saudara Angkat :
........ orang.JumlahAdik= ........ orang,
JumlahKakak = ........ orang
11. Alamat Tempat Tinggal :
Jln. ...................................... RT. ....... RW. ....... Ds.
.........................................
Kec. .................................. Kab.
................................................
12. No. Telp. / Hp.
yangbisadihubungi :
..................................................................
B.
KETERANGAN BAKAT DAN MINAT CALON PESERTA DIDIK
1.
Hobi :
............................................................................................................................
2.
Bidang Studi
yang paling digemari : ............................................................................................................................
3.
Olah Raga yang
paling digemari :
............................................................................................................................
4.
Cita – cita :
............................................................................................................................
C.
KETERANGAN ORANG TUA KANDUNG
1.
Nama Lengkap
a. Ayah : ............................................................................................................................
b. Ibu :
............................................................................................................................
2.
Tempat, Tgl.
Bln. Thn. Lahir
a. Ayah :
............................................................................................................................
b. Ibu : ............................................................................................................................
3.
Pekerjaan
a. Ayah :
..................................................................
b. Ibu : ..................................................................
4.
Alamat Tempat
Tinggal : Jln. ......................................
RT. ....... RW. ....... Ds. .........................................
Kec. .....................................
Kab. ................................................
5.
Penghasilan
rata-rata perbulan
a.
Ayah : ( kurang dari Rp. 1Juta /
antaraRp. 1 – 2Juta
/ lebih dari Rp. 2Juta )*
b. Ibu : ( kurang dari Rp. 1Juta /
antaraRp. 1 – 2Juta
/ lebih dari Rp. 2Juta )*
6.
Keterangan :
a.
Ayah : ( Masih hidup / Meninggal tahun
....................... )*.
b. Ibu
: ( Masih hidup / Meninggal tahun
....................... )*.
D.
KETERANGAN WALI
1.
Nama Lengkap : ............................................................................................................................
2.
Jenis Kelamin : ( Laki-laki / Perempuan )*.
3.
Tempat, Tgl.
Bln. Thn. Lahir :
............................................................................................................................
4.
Agama : ( Islam / Protestan / Katolik / Hindu / Budha
/ Kong Hu Cu )*.
5.
Pekerjaan :
................................................................
6.
Alamat Tempat
Tinggal : Jln. ......................................
RT. ....... RW. ....... Ds. .........................................
Kec.
.......................................................... Kab.
................................................
7.
Penghasilan
rata-rata perbulan : ( kurang dari Rp. 1Juta /
antaraRp. 1 – 2Juta / lebih dari Rp. 2Juta )*

DAFTAR PUSTAKA
Imron, A. 2012. ManajemenPesertaDidikBerbasisSekolah.
Jakarta: PT. BumiAksara.
Prihatin, E. 2011. ManajemenPesertaDidik.
Bandung: Alfabeta.
Tarsudin. 2015. Pendaftaran
PPDB Online Kota Malang 2015/2016, (Online), (http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/07/pendaftaran-ppdb-online-kota-malang.html), diakses 10 September 2015.
Komentar
Posting Komentar