Media Pembelajaran

Media Pembelajaran
Oleh: Fikri Najmuddin

A. Pengertian Media Pembelajaran 

                  Kata media merupakan bentuk jamak dari ‘Medium’, yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Secara khusus, kata tersebut dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk membawa informasi dari satu sumber kepada penerima. Dikaitkan dengan pembelajaran, media dimaknai sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari pengajar kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

                  Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman,2002:6). 


                 Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa.

B. Manfaat Media Pembelajaran

     Manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut:

a.  Menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata) menjadi konkret nyata. 
b.  Memberikan pengalaman nyata dan langsung karena siswa dapat berkomunikasi dan berinteraksi 
     dengan lingkungan tempat belajarnya. 
c.  Mempelajari materi pembelajaran secara berulang-ulang. 
d.  Memungkinkan adanya persamaan pendapat dan persepsi yang benar terhadap suatu materi  
     pembelajaran atau obyek.
e.  Menarik perhatian siswa, sehingga membangkitkan minat, motivasi, aktivitas, dan kreativitas 
     belajar siswa. 
f.   Membantu siswa belajar secara individual, kelmpok, atau klasikal. 
g.  Materi pembelajaran lebih lama diingat dan mudah untuk diungkapkan kembali dengan cepat dan 
     tepat. 
h.  Mempermudah dan mempercepat guru menyajikan materi pembelajaran sehingga siswa mudah 
     mengerti. 
i.   Mengatasi ruang, waktu dan indera


C. Fungsi Media Pembelajaran 

         Ada dua fungsi utama media pembelajaran yang perlu kita ketahui. Fungsi pertama media adalah sebagai alat bantu pembelajaran, dan fungsi kedua adalah sebagai media sumber belajar. Kedua fungsi utama tersebut dapat ditelaah dalam ulasan di bawah ini:

  1.        Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran; 
       Sebagai alat bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini dilandasi keyakinan bahwa kegiatan pembelajaran dengan bantuan media mempertinggi kualitas kegiatan belajar siswa dalam tenggang waktu yang cukup lama. Itu berarti, kegiatan belajar siswa dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media 

  2.       Media pembelajaran sebagai sumber belajar 
     Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat bahan pembelajaran untuk belajar peserta didik tersebut berasal. Sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi lima kategori, yaitu manusia, buku perpustakaan, media massa, alam lingkungan, dan media pendidikan. Media pendidikan, sebagai salah satu sumber belajar, ikut membantu guru dalam memudahkan tercapainya pemahaman materi ajar oleh siswa, serta dapat memperkaya wawasan siswa.


D. Ciri-Ciri Media Pembelajaran 

     Dibawah ini merupakan ciri-ciri media pembelajaran secara umum: 

a.  Media pembelajaran identik dengan alat peraga langsung dan tidak langsung; 
b.  Media pembelajaran digunakan dalam proses komunikasi; 
c.  Media pembelajaran merupakan alat yang efektif; 
d.  Media pembelajaran sangat berperan begi kepentingan pendidikan; 
e.  Media pembelajaran erat kaitannya dengan metode ngajar. 

    Menurut Gerlach & Ely (1971) yang mengemukakan tiga ciri-ciri media yang merupakan alasan mengapa media digunakan. Yaitu : 

1.   Ciri fiksatif (fixative property). 

    Ciri ini menggambarkan kemampuan merekam, menyimpulkan, melestarikan, dan mengkonstruksi suatu peristiwa atau obyek.
   
    Cara ini amat penting bagi guru karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat. Media yang dikembangkan seperti photography, video tape, audio tape, disket komputer, dan film. Maka media ini memungkinkan suatu rekaman kejadian yang terjadi pada satu waktu tertentu ditransportasikan tanpa mengenal waktu.

2.    Ciri manipulatif (manipulatif property). 

     Suatu kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar atau time-lapse recording. Kemampuan media dari ciri manipulatif memerlukan perhatian sungguh-sungguh karena apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan kembali urutan kejadian atau potongan bagian-bagian yang salah, maka akan terjadi pula kesalahan penafsiran yang tertentu saja akan membingungkan dan bahkan menyesatkan sehingga dapat mengubah sikap mereka kearah yang tidak diinginkan. 

      Praktiknya seperti bagaimana proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografer di samping itu juga dapat diperlambat menayangkan kembali hasil rekaman video. Selain itu juga bisa diputar mundur.Misalnya pula, proses loncat galah atau reaksi kimia dapat diamati melalui bantuan kemampuan manipulatifdari media. Demikian pula, suatu aksi gerakan dapat direkam dengan foto kamera untuk foto. Pada rekaman gambar hidup(video, motion film) kejadian dapat diputar mundur.

3.     Ciri disributif (distributive property).

       Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditrasnspormasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada peserta didik dengan stimulas pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian ini. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat. Konsistensi informasi yang telah direkam akan terjamin sama atau hampir sama dengan aslinya.


E.  Bentuk-Bentuk Media Pembelajaran

   Ada berbagai macam bentuk media pembelajaran. Media pembelajaran dapat diklasifikasikan tergantung dari sudut pandang mana melihatnya. Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi kedalam :

1. Media Audio 
   Yaitu media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja, seperti radio, kaset, dan peringan hitam. 

2. Media Visual 
   Yaitu media yang hanya mengandalkan indr penglihatan. Media visual ini ada yang menampilkan gambardiam seperti film strip (film rangkai), slides (film bingkai), foto gambar atau lukisan,cetakan. Ada pula audio visual yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, dan film kartun.

3. Media Audio Visual 
    Media Audio Visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua.



Dibawah ini merupakan contoh dari media pembelajaran:
Media pembelajaran



 









 KESIMPULAN
            
            Untuk menunjang proses belajar-mengajar perlu diperlukan media pembelajaran/pendidikan. Tujuan dari media pembelajar itu sendiri adalh sebagai sarana untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, baik itu berupa audio visual, ataupun video.
            Bentuk-bentuk media pembelajaran secara umum ada 3:
1.         Bentuk Audio;
2.         Bentuk Visual;
3.         Bentuk Audio Viual.







DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Ashar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sumiati, dkk. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wahana Prima




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian-Bagian Surat Dinas

Formulir Penerimaan Peserta Didik Baru